Rabu, 18 Agustus 2010

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE

LATAR BELAKANG MASALAH
Berbicara adalah bentuk komunikasi verbal yang dilakukan oleh manusia dalam rangka pengungkapan gagasan dan ide yang telah disusunnya dalam pikiran. Berbicara melibatkan aspek keterampilan berbicara, yaitu aspek lisan produktif. Dengan kata lain berbicara merupakan suatu bentuk komunikasi lisan dengan menggunakan bahasa lisan, teknik berbicara yang komunikatif, jelas, dan efektif dalam pembelajaran yang terorganisir. Dalam proses belajar-mengajar setiap siswa harus mengasah kemampuannya dalam berbicara karena setiap aktivitas belajar mengajar memerlukan komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, dan antarsiswa. Kemampuan berbicara adalah suatu keterampilan mengungkapkan ide atau gagasan secara lisan di depan khalayak yang dapat diamati dari segi keaktifan seseorang dalam berbicara. Kemampuan berbicara adalah kemampuan mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh.
Untuk meningkatkan kemampuan berbicara ini membutuhkan banyak faktor yang mendukung misalnya yaitu strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Strategi ini adalah salah satu strategi dalam model pembelajaran aktif (active learning). Strategi Pembelajaran Everyone is a teacher here adalah strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan maksud meminta peserta didik untuk semuanya berperan menjadi narasumber terhadap semua temannya di kelas belajar. Strategi everyone is a teacher here yaitu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek : kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Kenyataan yang dapat kita lihat sekarang sangat menyedihkan, dimana siswa tidak dapat berbicara dengan baik. Dapat kita lihat siswa yang tidak mampu bertanya, siswa tidak mampu mengungkapkan idenya karena kemampuan berbicara yang sangat kurang. Padahal kemampuan berbicara ini sangat penting agar dapat berkomunikasi dengan baik. Baik pada guru, orang tua, maun sesame teman sejawat.
Dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here maka siswa akan diajarkan untuk berbicara dengan baik, berbicara dengan baik dan berani untuk menyampaikan apa yang difikirkannya. Sehingga siswa akan terbiasa berbicara dan tanpa disadari bahwa dengan demikian ia akan mampu berbicara dengan siapa pun dan dimana pun. Diharapkan dengan menggunakan strategi ini maka kemampuan berbicara anak dapat bertambah. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan penulis di atas, maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah”

RUMUSAN MASALAH
Dari masalah yang telah dibatasi di atas, penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah ?
2. Bagaiman strategi pembelajaran yang diciptakan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah?
3. Adakah pengaruh antara strategi pembelajaran yang diterapkan Guru dengan kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah?
TUJUAN PENELITIAN
Pada penelitian ini penulis mempunyai tujuan sebagai berikut:
1. Untuk mendapat gambaran tentang kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah.
2. Untuk mendapat gambaran tentang strategi pembelajaran yang diciptakan guru untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah.
3. Untuk melihat adanya pengaruh strategi pembelajaran yang diterapkan Guru dengan kemampuan berbicara siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Hidayah.

MANFAAT PENELITIAN
Manfaat dari penelitian ini yaitu :
1. Mengetahui masalah-masalah siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara
2. Sebagai masukan untuk guru untuk merubah cara mengajar siswa
3. Mengatasi masalah siswa dalam mengembangkan kemampuan berbicara dengan menggunakan strategi pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar